Bisnis pengiriman atau pengangkutan barang memiliki prospek usaha yang sangat strategis termasuk bisnis pengiriman barang melalui angkutan udara, darat, dan laut (kargo). Peluang bisnis yang strategis ini, dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan, bahkan sudah banyak perusahaan kirim barang sudah berkembang pesat memiliki cabang dimana mana sepeti JNE, TNT, TIKI, Wahana, RPX, Pos Indonesia, J&T, Jet express, MEX berlian dan masih banyak lagi..dan akhirnya para pengguna atau konsumen kebingungan bertanya tanya untuk memilih jasa pengiriman yang mana? 

Ini lah 7 perusahaan yang ternama saat ini versi sijagoan-kirimbarang

 

1. JNE Express

Berdiri pada tanggal 26 November tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.memiliki visi misi Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia dan Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten

JNE melayani kiriman paket dan dokumen peka waktu tujuan dalam negeri melalui lebih dari 1,500 titik layanan eksklusif dari penjemputan hingga pengantaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan ini memanfaatkan moda transportasi tercepat yang tersedia dan melayani beragam jenis layanan sesuai kebutuhan pelanggan.

Baca Juga

Info Kirim Barang Paket Hewan,Tumbuhan,Ikan,Jenazah,Tarif,dan Packing Via Udara

Jasa kirim barang terbaik terpopuler berkualitas dan ternama di indonesia

Cara Kirim Barang Paket JNE,TIKI,POS indonesia, JET express, Wahana logistik, Mex berlian



2. TiKi

Perusahaan jasa pengirimana yang memiliki nama lengkap PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) ini mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. Perusahaan ini didirikan tepat pada tanggal 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto yang juga berperan sebagai pemegang saham. Pada tahun 1972 TiKi melakukan perombakan manajemen dan memasukan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmandi yang awalnya melakukan kerja sama menjadi pemegang saham. TiKi pun semakin maju.
Kini, TiKi telah memiliki 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau pelosok di dalam dan luar negeri. TiKi pun kemudian berkembang menjadi TiKi Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan, yaitu:
  • TKS (Titipan Kilat Soeprapto), bergerak di bidang kargo
  • TIKITA (TIKI Wisata), bergerak di bidang travel dan wisata
  • TIKINDO (TIKI Logistik), bergerak di bidang layanan logistik

 

3. POS Indonesia

Merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos yang kini berbentuk perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia.
Didirikan pada era VOC, kantor pos pertama di Indonesia terletak di Batavia (Jakarta) dan didirikan pada tanggal 20 Agustus 1746. Dibuatnya Groote Postweg (Jalan Raya Pos) membuat lalu lintas Jawa Barat dan Jawa Timur semakin lancer dan cepat, yang akhirnya membuat pos pindah kantor pusatnya ke Bandung pada tahun 1923. Pendudukan berganti, begitu pun dengan pos. Beralihnya pos ke tangan Indonesia terjadi pada tanggal 27 September 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.
Secara umum, Pos Indonesia membagi lingkup bisnisnya menjadi dua, yakni Bisnis Surat Paket (BSP) dan Jasa Keuangan (Jaskug) yang terdiri dari jasa:
  • Filateli dan konsinyasi (prangko dan meterai)
  • AdmailPos
  • Express Mail Service (EMS) dan RLN internasional
  • Pos Ekspor
  • Paket Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres, Jumbo)
  • Surat Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres)
  • Logistik
  • Kargo
  • Bank Channeling
  • Fund Distribution (Western Union dan PosPay)
  • Giro Pos
  • Wesel Pos
  • Gallery Pos
  • PostShop
  • Pos Niaga (ditiadakan)
  • Agen Pos

 

4. Wahana Logistik

Memiliki nama lengkap PT. Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan nama Wahana Courier & Air Cargo Specialist merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak bulan Juni 1998 dengan 5 orang pegawai dan hanya melayani jasa pengiriman dokumen dalam kota Jakarta.
Sejak tahun 2002, perusahaan ini mulai mengembangkan jasa pengirimannya, tidak hanya melayani pengiriman dokumen tetapi juga mulai melayani pengiriman paket/barang besar maupun kecil untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia. Pada Juli 2005 pelayanan pengirimannya ditingkatkan dengan melayani pengiriman ekspor lewat udara dan membuka kantor cabang di Singapura. Kini Wahana Logistik telah memiliki 44 kantor cabang utama yang tersebar diseluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.


5. RPX

PT Republic Express yang disingkat menjadi RPX, merupakan perusahaan dalam bidang logistik yang didirikan oleh Harsha E Joesoef pada tahun 1985. Awalnya perusahaan ini didirikan dengan nama PT Repex Perdana yang menjadi mitra perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat FedEx. Sejak menjadi pemegang lisensi FedEx satu-satunya untuk Indonesia, RPX terus melakukan pengembangan bisnis.
Berawal dari garasi rumah di kawasan Jakarta Selatan, perusahaan ini kini menjelma menjadi RPX Group yang memiliki tujuh unit usaha sesuai dengan bidang yang semakin spesifik, yaitu:
  • PT Repex Perdana Internasional sebagai pemegang lisensi FedEx di Indonesia yang melayani jasa logistik internasional.
  • PT Antareja Prima Antara atau RPX Domestic Express yang menawarkan jasa distribusi ekspres domestik untuk seluruh kota di Indonesia.
  • PT Republic Express atau RPX Airlines yang memberikan layanan pesawat kargo domestik berjadwal.
  • PT Wahana Dirgantara atau RPX Warehouse untuk jasa pergudangan.
  • PT Sena Satwika atau RPX Clearance yang bergerak di bidang pelayanan administrasi ekspor-impor.
  • PT Senatrans Utama atau RPX Air Fortwarding untuk layanan pengiriman international freight ke Jepang bekerja sama dengan Sumitomo.
  • PT Pelangi Semesta atau RPX Sea Forwarding & Moving yang menawarkan pengiriman kargo internasional lewat angkutan udara maupun laut serta jasa pengepakan. Usaha ini bekerja sama dengan Eagle Global Logistic.

6. GO-SEND dari GO-JEK

GO-KILAT yang kini berganti nama Go-Send, merupakan layanan baru dari GO-JEK bekerjasama dengan beberapa toko online yang memberlakukan tarif promo jauh dekat 15 ribu untuk wilayah Jakarta, dengan syarat jaraknya tidak boleh lebih dari 25 km dari toko yang menjual barang. GO-SEND juga berlaku hanya untuk order yang masuk pukul 07.00 – 15.00 WIB (Senin – Jumat) dan ditiadakan pada hari libur nasional serta kondisi bencana alam (banjir, gempa dll).
Sebelum adanya layanan GO-KILAT, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim dan diluncurkan pada tahun 2010 ini telah memiliki layanan lain selain jasa pengantaran penumpang oleh ojek, seperti GO-FOOD, GO-BOX, GO-CLEAN, GO-MASSAGE, GO-RIDE, GO-CAR, dan sebagainya.

7. JET express


JET express adalah layanan pengiriman paket dan dokumen. Didukung dengan teknologi terkini, serta kru yang berpengalaman, JET express siap membantu Anda dengan penuh tanggung jawab, karena setiap barang yang Anda kirimkan..Berharga! JET express mulai beroperasi pada pertengahan 2015 dengan 2 cabang. Akhir Desember 2015, JET express telah berkembang pesat dengan memiliki banyak cabang di Indonesia yang dikelola sendiri



 sumber ; http://www.4muda.com/10-jasa-pengiriman-terpopuler-di-indonesia/